Thursday, August 28, 2008

Masak bareng -Nasi Tim Ayam Jamur // Steamed rice with chicken and mushroom topping-



I suppose, i will write this in Indonesian language since this Event for Indonesian :) host by Deetha, Shinta, Lidia and Ayin.

Karena baru pertama bikin nasi tim ayam,dan keburu-buru bikinnya, jadi ngak baca resep dengan seksama alhasil, semua kaldu di campur sama tumisan ayam deh, hihi... kelihatannya jadi kayak nasi goreng gitu ya?? lain kali deh bikin lagi sesuai resep.

Trus beras yang aku pake iti long grain rice, kayaknya menyerap air lebih banyak dari biasa, padahal aku udah guyur pake kaldu sampe berasnya tenggelam semua loh... ya sut lah itung2 pelajaran buat kedepannya kalo bikin nasi tim lagi. Tapi masaknya lumayan lama ya 1 jam, Ellyn ngak sabaran nunggu, haha.. kalo di rice cookerkan paling 15 menit, mateng deh nasinya..

1 hal lagi yang bikin aku ngak sabar buat posting gambar ini. karena baru pertama coba teknik settingan untuk outdoor picture dengan makanan, hasilnya lumayan juga aku puas, abis bosen di dalam terus, apalagi sebentar lagi summer jadi pasti banyak aktivitas yang asyik di luar.

Aku ambil resepnya (di modif) dari buku Variasi nasi tim - sajian lezat lengkap gizi- by Lilly T Erwin, resep aslinnya menggunakan daging giling (Nasi tim daging), tapi ku fikir kayaknya cocok juga di ganti ayam sama jamur, jadinya ngak susah2 cari resep deh. ini dia resepnya:

Nasi Tim Ayam Jamur // Steamed rice with chicken and mushroom topping
  • 300 gr Beras
  • 250 gr ayam fillet, potong kecil dadu
  • 100 gr jamur Champignon ( iris tipis)
  • 1.500 ml air kaldu ayam
  • 2 sdm minyak goreng
  • Wortel, brokoli, cauliflower dan zukini rebus (pendamping)
Bumbu:
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 1/2 bawang bombay, iris kecil
  • 2 bawang putih, iris tipis
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada hitam
Cara Membuat:
  1. Cuci bersih beras dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu iris sengan menggunakan minyak goreng hingga harum.
  3. Masukkan ayam, tumis hingga setengah matang, lalu masukkan jamur dan bumbu-bumbu lainnya. Beri 1 sdm air agar bumbu meresap sempurna.
  4. Siapkan 5 buah mangkuk tim, bagi adonan menjadi 5 bagian, bagi rata ke dalam masing-masing mangkuk, tutup atasnya dengan beras lalu tuangkan kaldu hingga beras terendam. Kukus kurang lebih selama1 jam, angkat.
  5. Sajikan dengan sayuran rebus, Yummy!! Ellyn syuka sekali...

6 comments:

Shinta said...

Horeee... nasi tim-nya dah tayang. yummy kan?! Ellyn aja suka ya mba ?! :)

Mochachocolata Rita said...

qiqiqiqiqi daku dah bikin juga, sampe keplesettttt hohoho

punyamu ayu accessoriesnya hehehe

Andri Kusuma Harmaya said...

Wah..Wah..Masak bareng2 ya..Ini rencananya tiap minggu atau tiap bulan masak barengnya?Usul mbak..gimana kalo bikin rekor masak bareng lewat blog dg peserta 100 orang..wkwkwk..

Ti said...

Shinta: iya Mba, Ellyn doyan banget,bakalan buat menu specialnya dia, hihi..
Rita: Thanks Jeng.
Andri: Iya nih, ikut ngeramein aja, nanti aku bilangin hostnya deh ttg idenya, hihi..

A.G said...

makasih udah ikutan ya Jeng :) anak-anak emang suka dg nasi tim ayam jamur ini

Ti said...

Ayin: Ok deh, iya ngak salah deh pilih menunya :)