Monday, December 22, 2008

Soto Padang (Masak Bareng)



soto padang

soto padang

This is the cooking event that i follow every month, i couldn't do it last month due to lack of ingredients i needed.
***********

Seperti biasa,banyak masakan Indonesia yang belum pernah saya coba, seperti Soto padang ini. Bahan2 yang digunakan hampir sama dengan soto yang biasa saya bikin, hanya bedanya soto ini menggunakan bahan2 seperti masakan India (pekek, Kapulaga), yang membuat rasa dan wangi yang khas untuk masakan ini.

Setelah mencoba soto ini saya ketagihan, next time pasti mau bikin lagi, enak sih..
Untungnya waktu belanja mingguan di Indonesian supermaket, ketemu sama kerupuk merah yang menjadi ciri khas dai soto ini, kalo ngak mungkin bakalan gigit jari,hehe..

Buat semuanya Happy Holiday Ya... saya mau liburan dulu sampai tahun baru...

Resepnya saya dapat dari cuek.wordpress.com (saya modif sedikit)

Soto Padang

Bahan:

600 gr daging
2 bh pekak
2 bh kapulaga
2 bh cengkeh
1 ltr air
minyak untuk menggoreng

Bumbu perebus daging:
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam

Haluskan:
8 btr bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm lengkuas
2 btg sereh, ambil bagian putihnya memarkan
4 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
garam dan merica

Cara membuat:

1.Rebus daging dalam bumbu perebus hingga empuk.
2.Angkat dari kaldu, potong tipis dan goreng hingga renyah.
3.Tumis bumbu halus hingga harum masukkan kedalam kaldu, tambahkan cengkeh, kapulaga, daun jeruk, daun salam, sereh, garam dan merica.
4. Masukkan daging kembali ke dalam kaldu dan didihkan.
5. Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya :
50 gr soun, perkedel
daun bawang, iris tipis jeruk nipis
kerupuk merah

4 comments:

A.G said...

waha da kyupuk merahnya.....mau.. aku malah pake krupuk oranye hehe.. pdhl mentahnya sih merah gitu tp wkt digoreng kok malah jd luntur warnanya hiks :D btw tnx ya... kamu selalu yg pertama mostingin ;)

Shinta said...

Sama nih, ngiri deh liat kerupuk merahnya :) Aku ikutan nyicip ya...

Makasih dah berpartisipasi and happy holiday.. :D

rifa said...

wah... kapan2 nyoba praktek ah... salam kenal....

Ti said...

Ayin: Iya nih, mungkin kalo ngak ketemu kerupuk merahnya kecewa daku.
Shinta: No worries Mba Shinta. Thanks.
Rifa: Silahkan di praktekin ya, ngak bakal nyesel deh :)